News and Article

News

Lokasi, Lokasi, dan Lokasi!

Lokasi, Lokasi, dan Lokasi!
March 22, 2019 | Art-Mkt

Memiliki tempat tinggal sendiri merupakan impian banyak orang, namun memilih tempat tinggal terutama lokasi rumah bukanlah perkara yang mudah. Lalu apa sajakah yang harus diperhatikan dalam memilih sebuah lokasi rumah tinggal. Apakah lokasi strategis seperti di pusat kota menjadi satu-satunya faktor penting dalam menentukan lokasi rumah.

Berikut diulas tips dalam memilih lokasi rumah tingga

1. Keinginan, kebutuhan, dan gaya hidup penghuni

Memang benar lokasi adalah faktor paling penting dalam memilih rumah. Namun lokasi seperti apakah yang pas untuk dipilih sebagai rumah tinggal. Tentunya semua kembali kepada keinginan dan kebutuhan si pemilik.

Apabila anda sudah berkeluarga dan menyukai gaya hidup dengan pace normal mungkin lokasi di pinggir kota lebih tepat untuk anda. Berada di pinggir kota dapat memberikan akses kepada gaya hidup dengan pace cenderung santai.

Keakraban dengan tetangga dan lingkungan sekitar biasa nya masih kental. Suasana sekitar lingkungan rumah cenderung tenang jauh dari hiruk pikuk. Udara pun biasanya masih segar tanpa banyak tercemar polusi kendaraan.

Dan tentu saja biasanya pemandangan alam nya masih asri. Hidup di pinggir kota dapat menjadi pilihan yang pas bagi gaya sosialiasi bagi anda yang baru berkeluarga misalnya atau memiliki anak kecil.

Gambar 1. Suasana perumahan asri di pinggir kota Yogya di Lembayung residence, Ambarketawang, Sleman.

Apabila anda menyukai hidup yang cepat dan sibuk, maka lokasi ditengah  kota sangat pas untuk anda. Interaksi dengan tetangga bukan menjadi salah satu pertimbangan karena kesibukan yang anda jalani, pun biasanya kondisi sosial di kota lebih individual dari daerah pinggiran kota.

Kegiatan sosialisasi pun biasanya banyak dilakukan di tempat makan ataupun cafe dibanding di lingkungan tempat tinggal nya.

2. Akses

Akses terhadap fasilitas publik dan sarana transportasi umum memang menjadi faktor penting dalam memilih rumah tinggal. Sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan anda, apakah anda memerlukan akses yang dekat dengan sarana transportasi umum ataukah dengan fasilitas umum seperti sekolahan, universitas, mall, dan lain sebagainya.

Biasanya akses ke sarana trasportasi dan fasilitas umum harus lebih diperhatikan apabila anda memilih tinggal di pinggir kota. Pilihlah lokasi yang memang benar-benar sesuai kebutuhan anda, tidak perlu semua fasilitas umum harus dekat dengan lokasi rumah tinggal anda.

Apabila anda menyukai kehidupan yang cenderung tenang di pinggir kota, pilihlah lokasi yang memiliki akses bagus ke berbagai fasilitas umum paling tidak kurang lebih dibawah 30 menit perjalanan atau masih dalam radius 3 km dari tempat tinggal anda.

https://www.google.com/maps/place/Lembayung+Residence+PT+Nirmana+Utama/@-7.7928472,110.3131858,14.71z/data=!4m5!3m4!1s0x2e7af7f75665d907:0x57fd85e8d822ac2b!8m2!3d-7.7941864!4d110.3188147

(lokasi perumahan Lembayung Residence yang dekat dengan berbagai fasilitas umum namun tetap memiliki suasana asri dan tenang di pinggir kota Yogya.)

3. Lokasi unik&khusus

Ada lokasi-lokasi unik dan khusus dimana lokasi tersebut memiliki nilai lebih dibanding dengan lokasi lainnya. Biasanya lokasi unik tersebut berhubungan dengan aspek lingkungan dan pemandangan misalnya di pinggir pantai, di pegunungan, dsb. Yang harus diperhatikan dari aspek lokasi yang unik ini tentu saja adalah tidak berada di lokasi rawan bencana.

4. Lokasi aman dari bencana

Sebelum anda memilih rumah tinggal ditempat yang menurut anda sudah pas bagi anda dari segi gaya hidup maupun akses misalnya, jangan lupa untuk mengecek apakah lokasi tersebut berada di lokasi rawan bencana atau tidak seperti longsor, banjir, gempa, dsb. Peta lokasi rawan bencana biasanya bisa anda dapatkan dari pemerintah daerah setempat.

5. Proyeksi kedepan

Pemilihan lokasi rumah tinggal pada prime location sebenarnya bukan menjadi hal yang mendesak. Memang walaupun rumah tersebut ditujukan sebagai rumah tinggal, namun tetap dipertimbangkan kenaikan nilai investasi nya walapun bukan dengan sengaja dibeli sebagai sebuah investasi.

Maka dari itu apabila lokasi di tengah kota yang strategis sekali bukan menjadi sebuah kebutuhan mendesak bagi anda, maka tidak ada salahnya anda memilih daerah di pinggir kota. Lakukan riset daerah mana saja di tempat anda yang dapat menjadi lokasi prospektif di lima,sepuluh tahun mendatang.

Dengan memilih tempat yang prospektif maka anda memiliki kenaikan nilai investasi yang lebih dibandingkan jika anda membeli rumah tinggal yang mahal di lokasi strategis.

Perhatikan daerah mana saja yang masuk ke dalam rencana pembangunan baik dari pemerintah maupun swasta. Pembangunan fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, sarana transportasi, ataupun akses jalan pintas dapat menambah nilai investasi anda.

Informasi tentang rencana tata ruang bisa didapatkan dari pemerintah daerah setempat ataupun dari media informasi lainnya. Selain rencana tata ruang, ada baiknya juga anda meilik sistem pemerintahan daerah setempat. Apabila regulasi pemerintahnya memudahkan investasi maka proyeksi pembangunan ke depan bisa lebih baik sehingga memberikan nilai investasi yang lebih bagi anda.

Gambar 2. Lembayung Residence yang berada di Jogja bagian Barat, kawasan Jogja yang dinilai prospektif kedepannya salah satunya karena adanya pembangunan New Yogya International Airport.